E-Mail

E-MAIL (ELECTRONIC MAIL)

Electronic Mail (disingkat e-mail atau surat-elektronik) atau nama umumnya dalam bahasa Inggrise-mail” (juga: posel atau pos elektronik, dan imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. Asal mula  e-mail tidak lepas pula dari sejarah perkembangan internet. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun sebelmnya untuk ARPANET. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”.

Anatomi Alamat e-mail

Alamat internet mempunyai 2 bagian penting yaitu :

  1. Dipisahkan oleh tanda axon/@ (tanda di)
  2. Bagian sebelum tanda @ (dibaca at)adalah kotak surat (ID) atau

User Name atau nama pribadi kita dan sesudahnya adalah domain, yang biasanya nama penyedia jasa internet, seperti yahoo.com, gmail.com, plasa.com dan lain-lain

Contoh anatomi e-mail :

mtsn.ngablak@ymail.com

Keterangan:

  • mtsn.ngablak : nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver
  • ymail.com: nama mailservertempat pengguna yang dituju, rinciannya:
    • ymail: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer dalam lingkungan pemilik domain
    • com: menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori bisnis/komersial (commercial)

Macam-macam e-mail

1        POP Mail

POP singkatan dari Post Office Protocol. E-mail jenis ini sama dengan e-mail yang kita terima dari ISP (bagi yang connect dari rumah dan kantor).

POP (Post Office Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mengambil pesan dari mailbox pada komputer server dan menyimpannya pada komputer lokal pengguna POP3.

Kelebihan :

  • Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak harus terkoneksi ke internet).
  • Melalui e-mail berbasis POP3 akses internet pada saat mengirim dan menerima dapat dikurangi.
  • E-mail berbasis POP3 lambat.
  • Lebih mudah dalam pengarsipan, karena e-mail disimpan di komputer pengguna
  • Hanya dapat dibuka dari komputer pemakai saja.

Kekurangan :

  • Harus menggunakan e-mail client seperti Outlook Express, Eudora Mail, Mutt, dan lain-lain.
  • Hanya dapat mengakses e-mail dari komputer yang terinstal e-mail client, tidak bisa mengecek e-mail Kamu dari sembarang tempat.

2        E-mail Forwarding

  • E-mail Forwarding adalah nama e-mail netter yang di forward atau dipindahkan.
  • Kegunaan dari Email Forwarding ini adalah untuk memanfaatkan sebuah nama domain sebagai alamat email dengan mengarahkan alamat email tersebut ke alamat email yang lain
  • Forward e-mail tidak mengijinkan sebuah nama e-mail yang bouncing atau berpindah dengan nama yang sama. Bila ini dilakukan, e-mail forward akan menghapus e-mail Forwarding tersebut.
  • E-mail jenis ini akan terasa manfaatnya apabila kita yang belum menemukan layanan e-mail yang cocok atau suka ganti-ganti e-mail. Pada dasarnya ini merupakan e-mail yang dikirim kepadanya ke account kita yang lain.

Contoh skenario penggunaan fitur ini:

  1. Anda memiliki domain idebagus.org tapi tidak memiliki hosting
  2. Anda memiliki email account gratis misalnya di GMail dengan alamat idebagus@gmail.com
  3. Anda ingin menggunakan alamat email info@idebagus.org namun semua email dikirimkan ke idebagus@gmail.com
  4. Alamat email anda tetap terlihat sebagai info@idebagus.org meskipun email dibalas dari idebagus@gmail.com

Keuntungan:

  • Berfungsi mengirim sebuah nama e-mail ke nama e-mail lain
  • Dapat berganti-ganti (forward) ke server / nama e-mail lain

Kerugian:

  • Bertujuan hanya memindahkan e-mail
  • Attachment file biasanya dibatasi.

3        Web Base E-mail

Web based e-mail adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud.

  • Web-based e-mail, atau e-mail berbasis web dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan jasa e-mail kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi tidak memiliki account e-mail sendiri,
  • atau yang dimiliki bukan akses ke e-mail server, tapi ke sebuah web server.
  • Contoh untuk ini banyak sekali, seperti hotmail.com, yahoo.com, gmail.com, dan lain-lain.

Keuntungan:

  • Real time
  • Sangat mudah digunakan
  • Tidak perlu mendownload e-mail dan langsung dilakukan selama online

Kerugian:

  • Mengirim dan membuka e-mail harus dilakukan selama online
  • Harus dibuka satu persatu pada e-mail
  • Membalas e-mail juga harus selama online.

Istilah-istilah e-mail

 

1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent  : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward  : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

 Etika Menggunakan E-mail

  1.  Jangan mengirim e-mail dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas e-mail penerima,
  2. Jangan mengirim lanjut (forward) e-mail tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
  3. Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
  4. Gunakan kata-kata dengan santun.
  5. Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda berteriak

Cara Kerja e-mail

  1. Ketikkan pesan yang akan kita kirim pada program komputer yang dikhususkan untuk keperluan ini (email client), seperti Outlook Express, Netscape Communicator, Eudora, Pegasus, dan lain-lain.
  2. Kemudian pesan yang telah selesai disusun kita kirimkan, setelah sebelumnya kita menghubungkan komputer kita dengan internet.
  3. Biasanya bersamaan dengan mengirim, kita juga sekaligus mengecek apakah ada pesan yang ditujukan ke alamat kita.
  4.  Semua e-mail clients mampu menyertakan file pada e-mail yang dikirimkan, sebagai attachment / lampiran. Ini berarti yang dikirimkan oleh e-mail bukan hanya tulisan, tapi bisa juga suara, gambar, bahkan gambar bergerak.
Pos ini dipublikasikan di Lain-lain. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s