CIRI-CIRI MADRASAH YANG MANDIRI DAN “BERMUTU”

A.    KEPALA MADRASAH
Banyak membuat keputusan yang kreatif,inovatif, disiplin ,bijaksana,, fleksibel, koordinatif, pemimpin yang efektif, berperan sebagai panutan dan responsif

B.    LINGKUNGAN FISIK DAN PSIKIS MADRASAH
1.    Bersih, indah rapi, rindang
2.    Harmonis, keramahan dan kekeluargaan
3.    Aman, tertib, tenang dan nyaman
4.    Kepala Madrasah Sebagai

    Konsultan teknis dan administratif
    Pendamping dalam pembelajaran
    Nara sumber yang berpengalaman
    Motivator dalam pembelajaran

C.    GURU
1.    Pengelola kelas yang kreatif, dan inovatif,
2.    Pembimbing/fasilitator yang menyenangkan
3.    Motivator dan pemberi semangat yang handal
4.    Bijaksana dan responsif terhadap perkembangan
5.    Disiplin, mendidik dan mengajar, melatih dan membiasakan
6.    Guru perlu mendapat
    Layanan teknis edukatif (metode dan substansi)
    Advokasi dan pembinaan langsung ( terdokumen )
    Penyegaran secara intern berkala ( diskusi dan tanya jawab )
     Motivasi untuk terus inovatif

D.    PESERTA DIDIK
1.    Taqwa, cerdas, trampil
2.    Bersih, rapi, sehat jasmani dan rohani
3.    Disiplin, kreatif, tekun, rajin
4.    Percaya diri, berani tampil
5.    Gembira, berseri, penuh semangat
6.    Penuh harapan.

E.    PEMBELAJARAN
1.    Aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
2.    Membuat Peserta Didik tekun dan asyik belajar
3.    Iklim belajar kondusif, nyaman dan menyenangkan

F.    MANAJEMEN
1.    Transparan, akuntabel
2.    Kebersamaan, berkelanjutan
3.    Menyeluruh, demokratis, mandiri
4.    Berorientasi pada mutu
5.    Manajemen kekeluargaan dan kebersamaan antar warga Madrasah

G.    KOORDINASI DALAM GUGUS
Menghayati paradigma maju bersama dengan ciri khas masing-masing Madrasah

H.    HUBUNGAN MADRASAH DENGAN MASYARAKAT
1.    Ada hubungan koordinasi dan komunikasi dengan masyarakat sekitar Madrasah
2.    Terjalin kerjasama nyata dengan masyarakat luas terkait dengan program Madrasah, termasuk dengan Dunia Usaha/Dunia Industri, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama
3.    Ada program pengabdian Madrasah dengan masyarakat

I.    SARANA DAN PRASARANA
( termasuk media dan alat peraga )
1.    Berkualitas, aman, kokoh kuat
2.    Bersih, rapi, terawat
3.    Termanfaatkan secara efektif

J.     DOKUMEN MADRASAH
1.    Rapi, lengkap sesuai keperluan, sistematis, konsisten dan terdokementasi dengan baik
2.    Data Madrasah yang diperlukan memadai dan menampilkan gambaran lengkap kondisi Madrasah

BAGAIMANA DENGAN MADRASAHKU YANG TERCINTA INI ????
APAKAH SUDAH MENDEKATI KRITERIA….. KALAU BELUM, KRITERIA MANA YANG BERMASALAH …. DAN APA USAHA KITA… ???

APA MASALAHNYA… ???

Pos ini dipublikasikan di Lain-lain. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s